Satpol PP Kab. Tegal Amankan Rokok Bercukai Ilegal

Slawi – Satpol PP Kabupaten Tegal berhasil mengamankan beberapa rokok (yang diduga) ilegal dari berbagai merk dalam razia rokok tanpa pita cukai dan pita cukai palsu. Menurut Kepala Satpol PP melalui Kasi Pembinaan Umum Drs. Giyarto, rokok yang diduga palsu tersebut sebagian besar beredar di toko dan warung pelosok desa dengan harga murah.

“Rokok kosongan ini dijual dengan harga cukup murah antara Rp 2.000-3.500 per bungkus. Kami menemukan di beberapa kecamatan yang sudah kami razia,,” ungkapnya.

Operasi cukai digelar sejak awal April 2011 meliputi seluruh kecamatan yang berada di Kabupaten Tegal. Rokok yang berhasil diamankan tersebut bukan hasil dari sitaan, melainkan dibeli oleh Satpol PP sesuai harga yang dijual oleh pemilik toko atau warung.

Operasi cukai tersebut dilakukan dalam rangka melaksanakan UU Nomor 11 Tahun 1995 jo UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang cukai. Kendati demikian, pihaknya tidak berwenang menerapkan sanksi. “Satpol PP hanya sebatas mendata dan melaporkan temuan hasil operasi. Soal sanksi sepenuhnya menjadi kewenangan Direktorat Jendral Bea Cukai,” papar Drs. Giyarto.

Kendati tak berwenang dalam soal penerapan sanksi, pihak Satpol PP Kab. Tegal memberikan pembinaan kepada mereka yang menyediakan, menyerahkan, menawarkan, meyimpan dan menjual rokok tanpa cukai atau bercukai palsu.

“Kita beri pemahaman kepada para pedagang tersebut, bahwa ada sanksi pidana jika menjual rokok tanpa cukai atau bercukai palsu, yakni sanksi penjara 5 tahun dan/atau denda 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar. Harapannya agar para pedagang tidak mengulanginya lagi,” tegas Drs. Giyarto.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s