Jelang Adipura, Pembinaan PKL Terus Digalakkan

SLAWI – Semakin dekatnya penilaian adipura tahap II yang tinggal dalam hitungan hari, semua lini SKPD Pemkab Tegal terus berbenah. Tak ketinggalan pula Satpol PP Pemkab Tegal selaku institusi Penegak Peraturan Daerah (Perda) terus menggalakkan pembinaan dan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) khususnya wilayah Kota Slawi, seperti halnya yang kegiatan yang digelar, Kamis (29/3) kemarin.

Dipimpin langsung Kepala Seksi Operasi dan Penindakan (Opsdak) Satpol PP Pemkab Tegal, Pekik Yulianto, S.IP, satu pleton regu Satpol PP menyisir sejumlah titik pantau dan pinggiran jalan yang ditempati para PKL. Penyisiran dimulai dari Jl KS Tubun, timur mako Polres Tegal, Jl Letjend Suprapto timur komplek Ruko Slawi, Jl HOS Cokroaminoto timur kantor Kecamatan Slawi, Jl Letjen Sutoyo, Kagok dan lainnya.

 

Kepala Satpol PP, Zaenal Arifin, SH MM melalui Kepala Seksi Operasi dan Penindakan, Pekik Yulianto, S.IP mengatakan upaya pembinaan dan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Kota Slawi akan terus dilakukan. Seiring dengan semakin dekatnya penilaian.

 

“Penertiban dan penataan ini masih dalam rangka penilaian adipura tahap II,”paparnya kemarin

 

Sesuai dengan instruksi Wakil Bupati, lanjut Pekik, semua lini SKPD wajib mendukung dan mensukseskan Kabupaten Tegal dalam meraih penghargaan adipura. Dalam hal ini, Satpol PP selaku institusi penegak Perda siap mendukung Pemkab dalam meraih adipura, yaitu dengan terus melakukan pembinaan dan penataan kepada para PKL.

 

“Penataan PKL guna mendongkrak penilaian adipura Kabupaten Tegal khususnya Kota Slawi yang dalam waktu dekat ini,” tandasnya.

 

Dirinya berharap kepada para PKL dalam menggelar dagangannya agar tetap menjaga Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3). Yaitu usai berdagang tidak meninggalkan gerobak, tenda, sampah dan perlengkapan peralatan dagangnya di lokasi/lapak dagangan.

 

“Saya harap dalam berdagang PKL agar tetap menjaga K-3, dan tidak membuat bangunan yang permanen maupun semi permanen pada lapak dagangannya,” pungkasnya.

 

Dari kegiatan pembinaan dan penataan  kali ini, puluhan lapak PKL dan perlengkapan/tenda dagangan diamankan di Satpol PP Kab. Tegal dan beberapa lapak yang sudah kumuh dan ditinggalkan pemiliknya dibongkar dengan dibantu pedagang dan masyarakat. (Hasan)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s