Razia Cukai Rokok, Puluhan Merk Diamankan

SLAWI – Untuk kesekian kalinya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal kembali menggelar operasi terhadap peredaran rokok tak bercukai dan diduga ilegal.

Dalam operasi yang digelar selama 4 hari berturut-turut yaitu dimulai Selasa, (22/5) hingga Jum’at (25/5) lalu, sejumlah pertokoan dan warung di 8 wilayah Kecamatan menjadi sasaran dan target bagi petugas penegak Perda tersebut. Wilayah tersebut yaitu Margasari, Balapulang, Dukuhwaru, Pagerbarang, Tarub, Kramat, Adiwerna dan Slawi.

Kepala Satpol PP Pemkab Tegal, Zaenal Arifin, SH, MM melalui Kepala Seksi Pembinaan Umum, Dradjat Herijanto, S.Sos, M.Si mengatakan, wilayah-wilayah yang rentan terhadap peredaran rokok tak bercukai atau bercukai palsu adalah toko-toko atau kios kecil.

“Biasanya sering dijumpai pada toko-toko kecil. Kalau tempat grosir, mereka malah tidak berani menjualnya,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Drajat meminta, anggotanya yang bertugas dilapangan agar lebih jeli dalam mengenali dan mengidentifikasi rokok – rokok yang diduga ilegal atau tanpa cukai.

“Saya minta anggota dilapangan untuk lebih jeli dalam mengenali dan mengidentifikasi jenis rokok tersebut, Syukur sampai menemukan,” ujarnya.

Drajat menambahkan, adapun cara pemeriksaan terhadap cukai rokok yaitu dengan menggunakan alat khusus yang menggunakan teknologi sinar ultra violet (UV).

“Kalau rokok ini palsu, pita cukai yang ditempel dalam kemasan tidak akan memantulkan sinar atau cahaya mengkilat,” imbuhnya

Dari hasil operasi yang dilakukan oleh petugas, ditemukan beberapa merk yang diduga palsu antara lain estillo, bola emas, lima jari. Sedangkan beberapa merk lain yang meragukan karena saat dites dengan alat UV tidak keluar hologramnya antara lain djeruk, pilar emas, JSM, 369, ultimate, dan pahala.

“Merk – merk tersebut diamankan oleh petugas dengan cara dibeli sesuai dengan harga yang dipasarkan, yang nantinya akan dilaporkan ke kantor Bea Cukai untuk pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya.

Sebelumnya pada bulan April lalu, petugas Satpol PP Kabupaten Tegal juga menggelar kegiatan yang sama di 6 (enam) wilayah kecamatan yang meliputi Kecamatan Jatinegara, Dukuhturi, Talang, Bumijawa, Pangkah, dan Lebaksiu. Dalam operasi tersebut beberapa merk yang diduga palsu dan berhasil diamankan petugas antara lain merk 7b, Buffalo Hill, lentera dan Jemani. (Hasan)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s