Anggota Satpol PP Digembleng Tangani Unjuk Rasa

latdahuraSLAWI – Sebanyak 40 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal kembali digembleng dalam pelatihan penanganan aksi unjuk rasa. Pelatihan berlangsung selama 2 hari, pada Selasa-Rabu, (17-18/11/2015)

di lingkungan Pemkab. Dalam pelatihan itu, Satpol PP menghadirkan instruktur dari Satuan Sabhara Polres Tegal.

”Pelatihan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan diri dalam penanganan aksi unjuk rasa di wilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal, H. Zaenal Arifin, SH MM didampingi Kasi Pembinaan Umum, Tabah Topan Widodo S.IP kemarin.

Pelatihan yang diwarnai dengan simulasi pencegahan aksi unjuk rasa itu, kata Zaenal, peserta dilengkapi dengan rompi, pentungan, dan tameng. Mereka dilatih bagaimana cara mengendalikan massa dan strategi ketika menghadapi ratusan massa saat unjuk rasa.

Menurut Zaenal, gangguan ketenteraman dan ketertiban umum acap kali muncul secara tiba-tiba, sehingga membutuhkan kesiap-siagaan dari seluruh anggota satpol PP. ”Salah satu gangguan tramtibum adalah unjuk rasa, jadi kami (Satpol PP) harus siap,” ujarnya.

Dia berharap, pelatihan itu dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, ketrampilan, dan kecerdasan saat menghadapi aksi unjuk rasa.

KBO Satuan Sabhara Polres Tegal, Ipda Slamet Nur menambahkan, tugas dan tanggungjawab Satpol PP adalah mengawal kebijakan Pemda / Peraturan Daerah. “Apabila terjadi gejolak atau ketidakpuasan masyarakat terhadap kebijakan tersebut, maka Satpol PP adalah garda terdepan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya unjuk rasa yang anarkis,” tandasnya.

Sebelumnya, pada Agustus 2015 lalu, pelatihan Penanganan Aksi Unjuk Rasa juga digelar  dengan menggandeng Satuan Sabhara Polres Tegal.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s