Razia PNS

raziapns SLAWI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Tegal kembali menjaring 9 PNS saat operasi penertiban Kamis (10/12/2015). Mereka kedapatan sedang keluyuran pada jam kerja. Razia ini dilakukan di sejumlah tempat keramaian dan pusat perbelanjaan di wilayah Kabupaten Tegal, Kamis (10/12//2015).

Pegawai tersebut berasal dari beberapa Dinas/Instansi antara lain UPTD Dikpora Lebaksiu, SMP 3 Adiwerna, Puskesmas Kesamiran, Puskesmas Kaladawa, Perangkat Desa Dawuhan, SMP 1 Bojong, Kecamatan Margasari dan Bappeda.

Razia yang dimulai pukul 09.30 WIB tersebut, menyisir sejumlah keramaian diantaranya Swalayan barokah, Komplek pertokoan Ruko Slawi, Mutiara Cahaya (MC Swalayan), Yogya Mall Slawi, Banjaran Permai, Basa Mall dan Mutiara Cahaya Mejasem. Selain itu, Razia juga menyasarr Minimarket Yapora di jalan Lebaksiu.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Tramtib) Satpol PP Pemkab Tegal, Abadi Amanto S.IP SH menuturkan operasi penertiban PNS pada jam dinas dilakukan sebagai upaya penegakan disiplin bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dimana hal tersebut, sudah jelas tertuang dalam PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

“Operasi ini sebagai upaya penegakan disiplin PNS. Hal itu juga sebagaimana telah diatur dalam PP 53 tahun 2010. Ini juga berdasarkan Instruksi Bupati Tegal,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Abadi, Penertiban juga mendasari Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tegal Nomor 7 tahun 2011 tentang Ketertiban Umum (tibum) khususnya pasal 67 – 70. Dalam perda Nomor 7 tahun 2011 tersebut, jelasnya, ada 12 tertib yang diatur didalamnya salah satunya yaitu tertib aparatur daerah, seperti pamong desa dan PNS. “Dalam Perda Tibum juga diatur tentang Tertib yang antara lain PNS dilarang keluyuran ditempat keramaian pada jam dinas,” paparnya.

Abadi menambahkan, jam kerja Pegawai di lingkungan Pemkab Tegal juga telah diatur dalam Keputusan Bupati Tegal Nomor 061/752/2013 tentang penetapan pelaksanaan 5 hari kerja di lingkungan Pemkab Tegal. “Dalam keputusan tersebut antara lain menyebutkan Senin-Kamis jam kerja mulai pukul 07.15-16.15 dan Jumat mulai pukul 07.15-10.45 Wib,” pungkasnya

Operasi penertiban PNS yang dipimpin langsung Kepala Seksi Tramtib, Abadi Amanto SH berakhir Pukul 14.00 WIB. Dari hasil operasi petugas berhasil menjaring 11 Pegawai yang terdiri dari 9 PNS dari berbagai Dinas instansi, 1 Pegawai Honorer dan 1 perangkat desa.

Selanjutnya mereka didata oleh petugas dan diberikan pembinaan ditempat untuk tidak mengulanginya. “Hasil operasi selanjutnya kita laporkan kepada Bupati Tegal, Sekda dan BKD untuk ditindaklanjuti. Sebagai bagian dari pembinaan disiplin,” pungkasnya.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s