Sekretariat PPNS Kab. Tegal Resmi Terbentuk

ppns SLAWI – Sekretariat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kabupaten Tegal resmi Terbentuk di Satpol PP Kabupaten Tegal. Peresmian pembentukan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Pemkab Tegal, Drs Haron Bagas Prakosa MHum, Senin (21/12/2015) lalu di ruang pertemuan Bagawat Gita Sekretariat Pemkab Tegal.

Kepala Satpol PP Pemkab Tegal, H Zaenal Arifin SH MM mengatakan, peran penyidik PNS dalam menjalankan tugas dan wewenangnya telah diatur di dalam Pasal 1 angka 1 dan Pasal 6 ayat (1) Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana disebutkan bahwa terdapat dua pejabat yang berkedudukan sebagai penyidik, yaitu Pejabat Polisi Negara Republik Indanesia dan Pejabat Pegawai Negeri Sipil tertentu yang diberi wewenang khusus oleh undang-undang untuk melakukan penyidikan.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Tegal sudah memiliki Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 12 Tahun 2005 tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal dan Peraturan Bupati Tegal Nomor 47 Tahun 2015 Tentang Sekretariat Penyidik Pegawai Negeri Sipil dan Surat Keputusan Bupati Tegal Nomor 599 Tahun 2015 Tentang Pengurus Sekretariat Penyidik Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Tegal yang dapat digunakan sebagai landasan hukum bagi PPNS khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal untuk melaksanakan tugasnya melakukan Penindakan terhadap para pelanggar peraturan daerah.

“Selama ini ruang lingkup tugas dan tanggung jawab Penyidik pegawai negeri sipil dalam sistem penegakan hukum atau Peraturan Perundang – Undangan masih banyak menemukan banyak kendala dalam implementasinya di lapangan, tidak saja terkait belum terbentuknya sekretariat PPNS, tetapi juga masih Kurangnya tenaga PPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal,” paparnya.

Zaenal menambahkan, dengan adanya Sekretariat PPNS diharapkan efektifitas pelaksanaan tugas dan fungsi serta kewenangan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Tegal dalam penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati. “Selain itu, untuk membangun sinergitas Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) selaku Penyidik Pelanggaran Peraturan Daerah dengan Satuan Polisi Pamong Praja selaku Penegak Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemkab Tegal, Drs Haron Bagas Prakosa MHum menyambut baik terbentuknya Sekretariat PPNS Kabupaten Tegal. Menurutnya Penyidik PNS merupakan lex spesialis yang tugas pokoknya penegakan Peraturan Daerah (perda).

“Bicara Perda dan penegakannya, setiap warga masyarakat Kabupaten Tegal harus taat aturan. Siapa saja, “ tandasnya.

Menurutnya, pembentukan sekretariat PPNS ini, menjadi awal yang baik bagi optimalisasi Penyidik PNS. Meski pihaknya menyadari masih terbatasnya jumlah PPNS di Kabupaten Tegal. “Pemkab menyadari terkait masih terbatasnya jumlah PPNS. Kedepan diharapkan akan lebih proporsional,” pungkasnya.

Acara Pembentukan dihadiri Sub Denpom Tegal, Korwas PPNS Polres Tegal dan seluruh anggota PPNS dari sejumlah SKPD di Kabupaten Tegal diantaranya Satpol PP, Dishubkominfo, Bagian Hukum, Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Perindag, Dinsosnakertrans dan BPPT.

Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s